Jumat, 03 Februari 2012

Bad Worker

Tidak ingin bermaksud menjelekan orang lain dan lupa dengan kekurangan diri sendiri, saya mencoba menceritakan betapa menyebalkannya bertemu atau harus bersinggungan dengan orang yang sulit banget ngerti pekerjaan yang menjadi job descnya.  



Yang saya ketahui bahwa seseorang dianggap tidak mampu mengerjakan tugasnya dikarenakan banyak faktor. Bisa faktor lingkungan, faktor pendidikan, faktor pengalaman, faktor keluarga dll. Faktor lingkungan misalnya karena ditempat dia bekerja tidak memiliki SOP, dimana dia hanya bekerja terbatas pada apa yang dia ketahui saja dan menurut dia benar hingga masalah muncul saat bersentuhan dengan pihak lain yang notabene bertolak belakang cara kerjanya. 

Faktor pendidikan sudah pasti berpengaruh dan yang tidak kalah penting adalah faktor pengalaman. Seorang yang berpendidikan, namun minim pengalaman dalam beroganisasi akan menemui banyak kesulitan. Misalnya orang yang saya mau ceritakan sekarang.
Sekali dua kali saya kasih pengertian tentang prosedur, tata cara, aturan main, style, model - whatever you called it, yang berlaku dalam organisasi tempat saya bekerja masih oke ya. Tapi kalau dikasih tau berkali-kali dan gak inget alias lupa alias tambeng alias dableg, gimana gak sewot dan pengen tarik-tarik rambut rasanya. Ini orang kok alot banget siiiiiiiiiiiiiiich. Kemaren-kemaren kemana aja? Abis dugem ya ampe amnesia akut?

Saya bicara dengan cara halus salah, gak ngerti cara menterjemahkan dia, jadi ya sudah pake bahasa blak-blakan aja, to the point, apa adanya. Singkat padat dan jelas. Ini pun belum cukup, ternyata setelah dikasih tau kedepannya dia bakalan nanya hal yang sama meskipun dengan kalimat yang berbeda – kalau ampe kata-kata sama juga mah kebangetan, gak kreatif banget . 

Ada lagi yang bikin sebel, mungkin karena kebiasaan nanya, ngandelin orang lain, eh malah keterusan. Apa-apa nanya, emang dia pikir saya sodaranya mbah Google apa?! Daripada nanya saya mendingan nanya google langsung dooooong, wong saya juga nyarinya lewat Google. Bayangin aja, pernah dia nanya, no telp toko Brand X selain di Citraland (sebelumnya saya sudah kasih no telp plus no hp kepala toko kenalan saya biasa beli barang Brand X ini), dia pikir saya yang punya toko apa ? ya kenapa gak nanya aja sama toko Brand X di Citraland ini ‘temennya’ ada dimana lagi ? ato search aja di Google, toch brand nya famous kok, bukan brand ecek-ecek. Kebiasaan jadi followers sich bukan jadi innovator, susah deh……udah minded.

Saya gerah ya menyikapi orang seperti ini, jadi saya suka gak mau ambil pusing. Kerjaan yang saya anggep simple banget kok jadi ribet saat ditangan dia. Ngerempongin banget deh nich orang. Kadang suka saya cuekin, biar dia pake otaknya buat mikir, cari ide kreatif gimana caranya supaya bisa jalan dan selesai tuch tugasnya. Buat saya, saya akan bantu selama saya ada waktu untuk bantu, dalam artian pekerjaan utama saya tidak terbengkalai. Tapi mohon maaf lahir bathin, kalau saya gak ada waktu silakan dipake otaknya biar gak idle dan kreatif dalam mencari pemecahan masalah sendiri.
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar