Jumat, 22 Februari 2013

Etika BB Messenger

Pernah denger kalimat :"Be smarter than your smartphone"? pernah dong....kalimat ini simple, mudah diingat dan menohok kita para pengguna smartphone. Jangan sampe kita kalah pintar dengan gadget kita sendiri. Kalimat itu selalu mengingatkan saya....jangaaaaaaaaaan sampe saya dikendalikan oleh gadget saya. 

Saya ingin bercerita tentang hal yang paling menggangu saya dalam penggunaan fasilitas blackberry messenger. Sering ada pengguna yang menurut saya kurang memahami esensi lalu menjadi pengguna yang kurang smart. Contohnya, broadcast yang gak penting, nyampah, isinya gak dipikirkan terlebih dahulu, dicerna baru di BC. Ingat, apa yang kita ucapkan, kita kenakan, kita suarakan, kita kerjakan, siapa temen kita, menggambarkan siapa kita. Jadi jangan sampai kita mempermalukan diri sendiri hanya karena membroadcast pesen yang sama sekali gak penting. 

Berikut saya rangkum beberapa etika yang bisa dipertimbangkan para pengguna bb messenger
  1. Salam : siapapun anda, dengan siapapun anda ingin berbicara, jangan lupa "ketuk pintu", beri salam dulu sebelum memulai pembicaraan, atau setidaknya menyapalah sebagai prolog percakapan anda. "Hi, Hallo, Siang, Bu, Mba, Pak, .....dst"
  2. Busy : jika status orang yang ingin anda ajak bicara "sibuk", sebaiknya tunggu hingga status itu berubah atau setidaknya, bertanyalah, apakah boleh mengganggu sebentar. Tapi terkadang ada juga pengguna yang menurut saya "aneh", bagaiman tidak, statusnya selalu manteng "BUSY"...nah justru yang begini yang harus mengevaluasi kembali penggunaan statusnya tersebut. 
  3. PING : sungguh bukan suatu hal yang sopan untuk memulai pembicaraan dengan PING. Yang perlu diingat ping tidak sama dengan greeting. Ping maksudnya sama seperti ketika kita chat di ym ada istilah BUZZ . bisa dikatakan untuk cepat dibalas pesannya, seperti panggilan WOY!!
  4. Broadcast : nampaknya fasilitas ini yang paling sering disalahgunakan. Seperti pada prinsip dalam ke PR an, tidak semua pesan bisa kita sampaikan melalui semua media, kepada semua khalayak. Kita harus teliti secara bijak menyeleksi, pesan apa disampaikan kepada siapa, melalui apa. Contohnya pada kategori berikut :
·         Joke : bercanda jika dilemparkan sesekali akan menyenangkan, tapi kalau dalam waktu 5 atau sampai 10 kali dalam sehari atau bahkan dalam 1 jam, sungguh tindakan yang tidak bisa dimaafkan!...hahaha
·         Informasi : niatnya sich baik menyebarkan informasi, tapi please...di cek dulu kebenaran dari informasi tersebut, terkadang informasi tersebut sudah expired, malah jadi mengganggu bahkan berbahaya.
·         Religius : pernah kan dapat pesan yang berisi seperti ini : “kirimkan pesan ini kepada 20 orang dalam waktu 1 jam maka anda akan mendapatkan rejeki atau jika tidak maka anda akan mendapat sial”....tlng dipikirkan kembali dengan sematang-matangnnya, cobalah berlogika, bernalar, apa iya sebuah tindakan membanjiri orang dengan pesan akan membuat anda mendapat rejeki dan terhindar dari musibah ?
·         Deletation dari RIM : ada hoax yang sengaja disebarkan, isinya supaya pengguna bbm memforward pesannya kepada seluruh contactnya, kalau tidak maka RIM akan mendelete  mereka secara otomatis. Aduuuuuuh....stupid banget seehhh.....ada juga kalau kebanyakan yang kirim tu bb hang... atau yang smiley yang dikirimlah, trs katanya nanti semua contact anda akan kedip2 dan warna warni..ya eyalaaaah....wong di BC.

5. Display Nama  : sebaiknya gunakan nama anda, jangan menggunakan simbol-simbol aneh atau huruf alay yang menyusahkan orang untuk mencari nama anda, yang paling menyebalkan adalah, mencari nama orang tersebut disaat-saat penting. Sebenarnya, kalau ketemu yang model begini, kita tinggal ganti saja nama orang tersebut  dengan penggunaan font standard, jadi kita tidak perlu khawatir tidak akan ketemu nama orang tersebut.

Diatas beberapa hal yang perlu diperhatikan para pengguna bbm, mungkin banyak lagi yang bisa ditambahkan, dipersilaken.......mari menciptakan budaya bbm yang lebih sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar