Sabtu, 28 Januari 2012

Tentang Design dan Melukis

Terkadang sesuatu datang begitu saja untuk dituangkan dalam sebuah tulisan. Ia bisa datang saat tiba-tiba kita terbangun di tengah malam, saat menikmati liburan, saat bersama keluarga, saat dikeramaian, bahkan disaat ditempat paling private sekalipun....#tahu kan maksud saya dimana hahaha.....Setidaknya itulah yang terjadi dengan saya.
Tiba-tiba saja saya terbangun, mungkin karena tidur terlalu cepat dari jam biasanya. Katanya tubuh memiliki body timer, jam biologis yang secara tidak sadar membuat kita mengantuk saat kelelahan, membuat kita terbangun setelah sekian jam tidur. Setiap orang mempunyai kebiasaan berbeda untuk melaksanakan ritual tidur dan biasanya (bagi mereka yang tentu saja memiliki rutinas kerja mirip dengan saya sebagai seorang pekerja kantoran) akan terbangun pada pagi hari sesuai dengan kebiasaan masing-masing. Tubuh kita seakan mampu mengukur berapa jam yang kita perlukan untuk tidur sehinga jika sudah terpenuhi maka tubuh akan secara otomatis terjaga.
Saya ingin bercerita tentang sebuah penemuan ‘Something New’. Sebenarnya pemikiran ini sudah lama muncul namun saya belum sempat meluangkan waktu untuk mengkajinya lebih jauh. Berfikir apa sebenarnya yang mungkin terjadi. Namun pertanyaan itu terus saja muncul. Sejak saya kembali menikmati dunia pendidikan beberapa tahun terakhir banyak ragam ilmu pengetahuan terutama tentanya komunikasi saya dapatkan. Hampir separuh jalan pendidikan yang saya jalani, saya mendapatkan satu mata kuliah yang menurut saya sangat menarik. Design Graphis.
Design tampilan website untuk The Boulqarian Laundry
Saya menemukan sesuatu yang saya katakan ‘aneh’ saat saya melakukan kegiatan ini. Saya biasanya menyempatkan waktu luang saya di kantor untuk mengerjakan tugas kuliah mungkin lebih tepatnya mencuri-curi waktu haahahhaa.....#maaf ya boss, daripada saya curi uangnnya.....hhahhaa. Seperti biasa dikantor berkutat dengan pekerjaan dan dibenak saya sisi satunya lagi didesak untuk mengerjakan tugas kuliah. Tapi tentu saja prioritas pekerjaan kantor dulu yang harus saya kerjakan #kalau yang ini beneran gak pake becanda.
Design Brosur untuk The Boulqarian Laundry - Tugas Produksi Media PR
Setelah segala sesuatunya saya anggap dapat terkendali barulah saya berpindah ketugas kuliah. Namun pernah juga pekerjaan kantor belum selesai dan saat itu saya sadar, ini waktunya untuk break, istirahat sebentar, dan tidak menjadi stress serta panik, karena hal itu tidak akan pernah dapat merubah keadaan menjadi lebih baik justru sebaliknya itu akan memperburuk keadaan dan menjadikan segala sesuatunya tidak terkendali. Saat itulah saya mulai mengerjakan tugas kuliah saya yang tentunya tidak satu dua mata kuliah. Biasanya saya akan memilih mengerjakan yang menyenangkan untuk saya kerjakan terlelbih dahulu ketimbang yang sedikit dan mudah saya kerjakan. Karena walaupun sedikit jika saya kurang sreg dalam mengerjakannnya bukannya cepat selesai malah menambah stress yang ada hingga pada akhirnya saya tidak akan mendapatkan apa-apa.
Bantuin Moureen menterjemahkan materi brosur Ipeka
Pernah disaat mencoba untuk break dari pekerjaan kantor, saya memilih mengerjakan design. Biasanya yang saya lakukan adalah mencari refensi design yang cocok untuk apa yang ingin saya design melalui internet. Tema apa yang cocok dan pantas untuk saya angkat menjadi sebuah rangkai yang saya sebut karya seni. Menjadi Neo adalah sesuatu yang halal buat saya tanpa harus berusaha keras membuat something New yang belum tentu juga hasilnya akan memuaskan. Asal jangan jiplak, plagiat, nyontek.....nehi nehi....kamsia deh bukan gaya saya banget.
Design Calendar untuk The Boulqarian laundry
Anehnya setelah mendapatkan sesuatu yang saya inginkan dari sebuah design yang saya buat saya merasa ..............bahagia, lega, relax, dan perasaan-perasaan itu secara hebatnya membuat saya terbebas dari stress yang menghimpit saya sebelumnya. Buat saya itu adalah sebuah sensi yang luar biasa karena mendatangkan banyak keuntungan. Yang pertama tugas kuliah selesai saya pun bisa kembali mengerjakan tugas kantor dengan lebih baik dan tentunya happy. Sekali mendayung dua tiga pulau terlampui, ibu-ibu banget deh pokoknya.....masak sambil mandiin anak, sambil ngepel sambil bikin kopi dan nonton tv, hahaha.,......love that part in my life. Dedy Corbuzier, aja kalah sama saya kalau udah begini......
Cover In House Magazine PT. Modern Internasional. Tbk
Saya beranggapan design salah satu kegiatan layaknya melukis hanya saja medianya berbeda namun pada hakikatnya sama yaitu menuangkan kreasi seni ke dalam sebuah karya yang indah dan menarik. Tidak menarik buat orang lain tapi terpenting menarik buat diri kita sendiri, tidak bagus buat orang lain bagus buat kita, gak punya arti buat orang lain bernilai buat kita, begitu bukan salah satu prinsip seorang seniman. Bebas berkreasi tanpa batas, sesuatu yang relative dicapkan setiap individu terhadap hasilnya nanti. Namun bukan pula kita egois dan tidak mau belajar, namun sence of art setiap orang berbeda-beda, manusia itu unik dan tidak ada yang sama. Kita tidak perlu berusaha keras membuat orang lain menyukai kita dan hasil karya kita, tapi paling tidak kita bisa menemukan satu doang orang yang mengaguminya, buat saya itu sudah memberikan kepuasaan yang luar biasa. Hasil karya kita disukai orang lain!
Web design The Boulqarian Laundry
So, saya berfikir inilah yang mungkin mendorong banyak tindakan orang lain dalam mencari kepuasaan yang selama ini tidak pernah saya fahami sama sekali. Saya bingung apa sich sebenarnya yang menjadi motif seorang dengan mudahnya berpindah dari pekerjaan yang satu kepekerjaan yang lain, dari anehnya orang-orang yang suka bergonta ganti pasangan dengan gampangnnya, katanya prinsip mereka adalah mencari yang paling pantas dan cocok sebelum akhirnya menikah....hhmmmmm.....dalih atau memang pemilih? Well terlepas dari semua perdebatan itu, saya sedikit sadar, bukanlah suatu ‘dosa’ jika kita ingin dan berani mencoba sesuatu yang baru, karena siapa tahu dari sesuatu yang baru itu kita akan mendapatkan kebahagiaan dan kepuasaan bathin yang pada akhirnya mendorong kita melakukan berbagai hal positif dalam hidup kita.
Design Brosur bagian dalam - 3 fold
Jangan lelah untuk mencari, gunakan setiap kesempatan yang ada, siapa tahu saat ini kita belum sadar namun setelah kita mencoba kemudian kita berkata ‘kayaknya saya cocok dengan dengan yang satu ini....kayaknya saya suka deh.....kayaknya saya punya masa depan yang baik deh disitu ....dst’ tapi jika ternyata dikemudian hari kita tersadar bahwasanya ini bukanlah apa yang kita harapakan dan inginkan, jangan sesekali untuk menyesalinya terlalu dalam, anggaplah apa yang kita lalui sebagai bagian dari proses hidup, belajar banyak dari pengalaman, baik buruk sebuah pengalaman harus dapat kita ambil hikmahnya supaya kita dapat menjadi orang yang lebih baik dikemudian hari. Amin......#mamah dedeh dan aa....hahay......

*semua gambar diatas hasil karya saya selama di matkul Produksi Media PR


Tidak ada komentar:

Posting Komentar